Jumat, 27 April 2012

Sejarah Kamera Digital

  Kamera digital pertama ditemukan oleh Steven Sasson, seorang teknisi di perusahaan Kodak. Walaupun baru booming pada awal 2000-an, sebenarnya kamera digital sudah ada sejak bulan Desember 1975 ole Steven Sasson, seorang teknisi di perusahaan Kodak. Kamera yang dibuatnya, menggunakan sensor CCD sebagai media penerimaan gambar. Kamera ini hanya mampu menghasilkan foto hitam putih dengan resolusi hanya sebesar 0,01 megapixel (320 x 240pixel).

  Media penyimpanannya adalah sebuah kaset tape, sedangkan untuk melihat hasil gambar nya, kamera ini harus disambungkan terlebih dahulu dengan sebuah televisi. Kamera ini mempunyai bobot seberat 3,6 kg dan membutuhkan waktu tak kurang dari 23 detik untuk memproses satu buah foto. Tetapi, kamera digital pertama yang merekam gambar sebagai sebuah file digital adalah kamera Fuji DS-1P. Hal ini terjadi pada tahun 1988. Kamera ini hanya bisa merekam data hingga 16 MB dalam memory card-nya. Bahkan, baterai harus dipakai untuk terus menyimpan data dalam memori. Kamera ini tidak pernah dipasarkan di Amerika Serikat.

  Tapi untuk urusan komersial, kamera digital pertama dipakai pada tahun 1990. Kamera ini memakai metode CCD image sensor dalam merekam gambar digitalnya dan bisa mempunyai koneksi lanngsung ke komputer. Pada 1991, Kodak memperkenalkan KODAK DCS-100, ini adalah sebuah cikal bakal yang baik bagi  perkembangan kamera digital. Terutama DSLR. Kamera ini mempunyai 1,3 megapixels sensor dan diber banderol hinggal $13.000 dolar Amerika. Pergerakan kamera digital sangat membantu dengan format file JPEG dan MPEG(video). Akhir nya pada tahun 1999, Nikon membuat sebah lompatan besar dengan mengeluarkan Nikon D1. Sebuah kamera digital yang mempunyai 2,74 megapixel. Kamera ini merupakan kamera SLR digital pertama yang dikembangkan oleh perusahaan besar. Harganya $6.000 dolar pada saat perkenalan dan ini merupakan kamera yang langsung membuat penasaran para fotografer komersial. Kamera ini juga memakai lensa Nikon seri F. yang artinya, para fotografer yang memiliki kamera film bisa menggunakan lensa apapun yang mereka miliki.

  Tak bisa dipugkiri, perkembangan teknologi membuat fotografi menjadi lebih mudah. Ditambah dengan ekspansi besar-besaran kamera digital di pasaran, fotografi menjadi hal yang lumrah dalam masyarakat.

*mungkin segini saja informasi mengenai sejarah kamera digital, semoga bermanfaat :)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar